Pelembap Wajah Kulit Sensitif dan Jerawat

pelembap-wajah-jerawat-sensitif-1

So beberapa hari lalu, aku post di IG Story voting kecil-kecilan; mending bahas soal HG moisturizer for acne prone skin, atau soal hijab beauty sebagai post soal beauty pertama aku di blog ini. Soal pelembap wajah jerawat ini menang lumayan telak ya hahaha…Kira-kira 70% deh.

Topik soal hijab beauty yang masih jadi misteri itu, pasti bakal tetap aku tulis habis ini kok 🙂

Back to the topic, nggak heran kalau apa pun soal jerawat pasti banyak yang minat, karena aku tahu banget rasanya punya kulit picky dan struggling untuk ketemu skincare yang cocok. Untuk nemu dua pelembap wajah ini aja aku butuh waktu yang lama, karena serba hati-hati, secara udah paham jenis dan masalah kulit sendiri: sensitif sama parfum, gampang clogging, dan kalo nggak hati-hati, jerawatan.

Saking sensinya ini kulit, aku sebenarnya rela banget kok pake skincare high end. Kalo emang cocok, why not? Tapi alhamdulillah, bisa ketemu produk dari drugstore yang cocok.

pelembap-wajah-jerawat-sensitif-3

Hada Labo Perfect 3D Gel (40 g, Rp100.000,–Rp113.000,-)

Jadi ceritanya, setelah setahunan nggak bisa pake pelembap apa-apa kecuali pelembap dokter, aku hunting pelembap deh di drugstore. Pingin aja bisa punya option lain. Jadi pelembap dari dokter aku itu bentuknya gel bening, dan kandungan utamanya niacinamide alias vitamin B3. Kayaknya bahkan bukan pelembap ya, memang obat topikal niacinamide, sebenarnya.

Jadi, berbekal kecocokan dengan obat dokter itu, aku gerilya nyari pelembap dengan kriteria yang sama: teksturnya gel, dan punya kandungan niacinamide. Dan ketemulah aku sama Hada Labo Perfect 3D Gel ini, yang basically sama dengan pelembap dokter aku; gel niacinamide, dengan tambahan bahan lain yaitu arbutin, Yuzu extract dan tentunya, being Hada Labo, hyaluronic acid. Hal lain yang waktu itu bikin aku tambah yakin bakal cocok, karena produk ini juga bebas parfum dan minyak; dua bahan yang memang nggak bisa ditolerir kulit aku.

Dipakai sekali, dua kali, tiga kali…nggak ada reaksi apa-apa. COCOK! Seneng banget waktu itu serius deh haha.

Kekurangan dari produk ini menurutku ada dua. Yang pertama, ingredients list-nya nggak menjelaskan berapa persen kandungan niacinamide-nya. Artikel ini menjelaskan konsentrasi niacinamide 2%-5% dianggap paling efektif. Kekurangan Hada Labo Perfect 3D Gel yang kedua, kalau dipakai kebanyakan, dia bakal lengket banget.

Beberapa bulan pake pelembap ini (diselang-seling sama pelembap dokter itu), aku pingin cari pelembap lain karena obviously, pelembap gel terasa kurang ngelembapin kalau kulit aku kalau lagi cenderung kering. Nah masalahnya, kulit  aku ini susah jodoh sama produk tekstur lotion/ cream, karena bahan dasarnya biasanya bakal clogging di aku. Entah itu fatty acid, atau silikon dan lain sebagainya. Di periode pencarian ini, aku tetep pakai pelembap gel dengan tambahan eye cream lumayan banyak di area mata, karena kalau kulit lagi kering dan dehidrasi, concealer apa pun nggak bakal nempel, dan pelembap gel nggak membantu apa pun.

Dan akhirnya, ketemu juga aku sama pelembap bentuk cream yang cocok, dan udah aku pake beberapa minggu ini!

pelembap-wajah-jerawat-sensitif-2

Bioderma Sensibio Light Soothing Cream (40 ml, Rp280.000,-)

Walaupun punya kulit sensitif, aku nggak pernah nyari skincare dengan patokan label untuk kulit sensitif. Geli aja, kok bisa-bisanya banyak produk dengan klaim untuk kulit sensitif, tapi parfumnya kenceng. Sering aku temuin produk untuk kulit sensitif, tapi masih megandung parfum, dan andalannya adalah olive oil atau Shea butter. Yah, udah mustahil buat kulit sensitif, ditambah bakal clogging juga di kulit aku.

Nah, yang pertama menarik aku untuk nyobain Bioderma Sensibio Light Soothing Cream ini adalah tulisan moisturizes dan fragrance free, bukan klaim untuk kulit sensitifnya. Mandatory first step, aku pun baca seksama ingredients list-nya, dan kelihatannya bakal aman-aman aja. Produk ini juga nggak mengandung micellar water Bioderma, yang nggak cocok di kulit aku. So I went home with this!

Langsung deh aku pakai Soothing Cream ini pagi-malam, dan setelah beberapa hari kulit aku baik-baik aja *terharu*. Tekstur produk ini thick cream (nggak “mengalir” kalau kamu taruh di punggung tangan) yang terasa tacky (not greasy) begitu dipakai di wajah. Kulit aku tetap terasa lembap walau udah ditimpa bedak. This is exactly what I need.

Walau dipasarkan sebagai Soothing Cream, di mana produk serupa biasanya dipakai lebih sebagai treatment untuk kulit sensitif yang berulah, aku nggak ada masalah pakai Bioderma Sensibio Light Soothing Cream ini sebagai daily moisturizer. Tetap, gonta-ganti sama pelembap lain, dan lebih rutin kalau kulit lagi kerasa dehidrasi banget.

Pelembap Hada Labo dan Bioderma ini bisa kamu beli di drugstore. Si Hada Labo seringnya aku nemu di Carrefour dan Century, sedangkan Bioderma bisa dibeli di Watsons.

Thank you kemarin yang udah DM vote, ya. Buat yang lagi nyari, atau dari kemarin nanyain aku lagi pake pelembap wajah apa yang cocok di kulit sensitif-gampang jerawatan, there you go! 

Thoughts? Questions? Comments are very welcome 🙂

2 thoughts on “Pelembap Wajah Kulit Sensitif dan Jerawat

  1. hai annetta… thanks buat sharingnya… btw kulit ku acne proned dan berminyak. apa tetap harus pakai moisturizer kah? terkadang pas pakai moisturizer, muka ku jd lengket gt.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s